Pesan Tiket Mudah Murah

Selasa, 28 September 2010

JAVA

Pengertian Java



Java adalah bahasa pemrograman berorientasi obyek yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Java merupakan satu dari beberapa kemajuan terpenting di bidang software komputer dalam 20 tahun terakhir. Sama pentingnya dengan HyperText Markup Language (HTML) yang sangat sukses dalam penerbitan homepage static di World wide Web (WWW). Java meledakkan internet dengan isi yang lebih menarik dan interaktif.
Kelebihan Java
- Dapat dijalankan di beberapa platform (multiplatform) sehingga programmer cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan.
- Berorientasi objek (OOP) sehingga memudahkan programmer untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.
- Java mempunyai kumpulan program-program (perpustakaan kelas) yang lengkap sehingga memudahkan programmer untuk membangun aplikasinya.
- Memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.
- Memiliki sintaks seperti bahasa C++ sehingga pengguna C++ tidak asing lagi dengan bahasa perograman ini.
- Java memberi kemampuan untuk menuangkan semua ide dalam cara berorientasi objek yang mudah dan jelas tanpa harus melihat proses bagian dalam sistem yang seringkali berbahaya.
- Salah satu prinsip kunci perancangan Java adalah keselamatan dan keamanan. Java tidak pernah memiliki fasilitas dan keamanan yang tidak aman sampai perlu ditangani secara khusus untuk pengamanannya karena terdapat sejumlah
pengawasan yang dilakukan oleh program Java yang tidak dapat dilakukan oleh sistem lain.
- Java memberi beberapa kunci agar dapat menemukan kesalahan lebih cepat pada saat pengembangan program.
- Java dirancang memenuhi kebutuhan dunia nyata menciptakan program jaringan yang interaktif.
- Meskipun Java lebih rumit daripada bahasa scripting tetapi lebih sederhana untuk dipelajari dan ditulis dalam bahasa lain.
Perbandingan Java dengan Bahasa Pemrograman lain
Java memiliki sintaks yang menyerupai bahasa C++. Namun kebanyakan pengguna cenderung menggunakan Java kerena mempunyai sintaks yang lebih mudah dimengerti. Banyak pengguna yang menyatakan bahwa bahasa C jauh lebih cepat daripada Java. Hal ini disebabkan karena bahasa C menjalankan programnya langsung diatas sistem operasi sedangkan Java menggunakan Java Virtual Memory. Namun karena Java mempunyai Virtual Mesin sendiri, Java dapat dijalankan diberbagai platform tanpa harus kompilasi ulang.
Dilain sisi penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun. Namun karena Java mempunyai memori yang besar sehingga big num problem bias teratasi.
Bahasa pemrograman C menggunakan pointer sehingga programmer bertanggung jawab untuk membebaskan memory sendiri. Hal ini sering menyebabkan kegagalan memory. Sedangkan pada Java hanya terdapat reference (tidak mempunyai pointer) dan penggunaan memory diatasi oleh garbage collector sehingga programmer tidak perlu bersusah payah untuk mengatur memori.
Semua kembali pada pengguna untuk memilih bahasa pemrograman mana yang menurutnya lebih cocok untuk menyelesaikan permasalahan yang ia hadapi. Semua itu tergantung kebutuhan masing-masing pengguna.

Referensi: http://kask.us/3518968 http://buletin.melsa.net.id/
http://materikuliah.net http://id.wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan