Pesan Tiket Mudah Murah

Senin, 14 Maret 2011

Metode Ilmiah

Pengertian Metode
Metode berasal dari bahasa Yunani "Methodos", sambungan kata depan meta (menuju, melalui, mengikuti) dan kata benda hodos (jalan, cara, arah) yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Kata methodos berarti penelitian, metode ilmiah, uraian ilmiah, yaitu cara bertindak melalui sistem aturan tertentu.Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka metode manyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.


Pengertian Ilmiah

Ilmiah adalah sistem berfikir rasional, argumentatif dan saintifik.
Pengertian Metode Ilmiah
Menurut Almadk(1939), "Metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan, dan penjelasan kebenaran. Sedangkan Ostle (1975) berpendapat bahwa "metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatuuntuk memperoleh sesuatu interelasi".
Metode ilmiah boleh dikatakan suatu pengejaran terhadap kebenaran yang diatur oleh pertimbangan logis.Karena ideal dari ilmu adalah untuk memperoleh interelasi yang sistematis dari fakta-fakta, maka metode ilmiah berkehendak untuk mencari jawaban tentang fakta-fakta dengan menggunakan pendekatan kesangsian sistematis.

Kriteria Metode Ilmiah
Metode ilmiah dalam meneliti mempunyai kriteria serta langkah-langkah tertentu dalam metode ilmiah bekerja, seperti berikut :
1. Berdasarkan Fakta
2. Bebas dari prasangka
3. Menggunakan prinsip-prinsip analisa
4. Menggunakan hipotesa
5. Menggunakan ukuran objektif
6. Menggunakan teknik kuantitatif


Tujuan Metode Ilmiah

Tujuan metode ilmiah adalah mendapatkan pengetahuan ilmiah (yang rasional dan teruji) sehingga merupakan pengetahuan yang dapat diandalkan.

Sumber :
ktiptk.blogspirit.com/archive/2009/01/26/pengertian-metode.html
semangatbelajar.com/tag/pengertian-metode/
agus.blogchandra.com/apakah-yang-dimaksud-dengan-metode-ilmiah/
classassignment.wordpress.com/2009/03/30/metode-ilmiah/

2 komentar:

  1. Hmmm, belajar Karya Ilmiah emang menyenangkan... Tapi sejak kuliah aku malah rehat nggak bikin lagi nih, semangat terus ya...

    BalasHapus
  2. wah iya... Malah kebalik, aku sering berkecimpung ma karya ilmiah waktu kuliah...
    Semangat juga ^^/*

    BalasHapus

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan