Pesan Tiket Mudah Murah

Minggu, 22 Mei 2011

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer merupakan dua atau lebih komputer yang saling terhubung dan berkomunikasi sehingga dapat membagi data dan peralatan-peralatan lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Dua buah komputer dikatakan terkoneksi jika dapat saling bertukar informasi. Dari definisi tersebut dapat dilihat bahwa tujuan dari jaringan konputer adalah untuk berbagi sumber daya seperti printer, cpu, memori dan harddisk. Dengan adanya jaringan komputer, penggunaan sumber daya tersebut menjadi optimal dan efisien.

Jaringan komputer juga bertujuan untuk komunikasi data. Jaringan komputer memungkinkan dua buah komputer atau lebih dapat saling bertukar data seperti pada penggunaan surat elektronik, instant messaging, dan chating. Kegiatan browsing dan akses internet yang dilakukan selama ini juga termasuk tujuan dari jaringan komputer.

Selain mempunyai tujuan, terdapat manfaat dari penggunaan jaringan komputer. Diantaranya:
- Resource Sharing, yaitu kemampuan untuk saling berbagi dan bertukar sumber daya antar sistem baik sumber daya data, software, maupun hardware. Sumber daya data misalnya informasi seperti graphics, document, voice, video, dll. Sumber daya software seperti aplikasi-aplikasi, sedangkan sumber daya hardware seperti printer, scanner, fax, modem dll.
- Penggunaannya dapat menghemat biaya, terlebih pada sumber daya yang mahal. Dengan jaringan komputer sumber daya tersebut dapat dibagi sehingga dapat menghemat uang.
- Reliabilitas tinggi: dapat memiliki sumber-sumber alternatif persediaan
- Skalabilitas, memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem secara berangsur-angsur sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambah sejumlah prosesor.
- Seperti tujuan jaringan komputer dapat berfungsi sebagai medium komunikasi yang memberikan manfaat kepada setiap personal yang terlibat dalam suatu jaringan komputer untuk dapat saling berkomunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan