Pesan Tiket Mudah Murah

Minggu, 22 Mei 2011

Sekilas tentang Internet

Internet adalah sekumpulan konputer atau server yang saling terhubiung satu sama lain melalui berbagai macam media (kabel, radio, satelit, dll). Komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh belahan dunia sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global. Sekumpulan komputer di suatu tempat memiliki jenis dan karakteristik yang tidak sama dengan tempat-tempat lain, namu semuanya dihubungkan oleh suatu protokol standard yang sama yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP ini umpama bahasa global yang dapat dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung ke internet. Tanpa mengikuti protokol standard ini komputer tidak akan mampu berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di Internet.

Protokol TCP/IP ini memberikan suatu IP yang unik untuk tiap komputer yang terhubung Internet sehingga lalu lintas data di Internet dapat diatur.

1969 ARPANET
(Advanced Research Project Agency Network)
US. Departement of Defence menghubungkan 4 komputer

1977 ARPANET
menghubungkan lebih dari 100 mainframe

1988 INTERNET
menghubungkan lebih dari 4 juta host komputer

Manfaat Internet
1. Komunikasi
Internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang cepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Dengan adanya jangkauan internet yang mengglobal, memungkinkan manusia dapat bertukar informasi kapan saja dan kemana saja dengan cara yang mudah.

2. Informasi
Karena begitu banyak komputer yang terhubung, sehingga arus informasi menjadi lebih banyak. Internet merupakan sumber informasi yang melimpah yang terus berkembang seiiring dengan makin berkembangnya Internet itu sendiri.

3. Kolaborasi
Kolaborasi merupakan suatu proses menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama (team work). Melalui internet dapat dilakukan suatu konferensi dengan berbagai pihak dimanapun berada bahkan dapat dilakukan suatu pekerjaan secara bersamaan.

Dengan Intenet, kita dapat berkomunikasi dengan berbagai orang tanpa mengenal negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pilihan. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau anggota kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

Sumber :
http://www.scribd.com/doc/12752586/Sejarah-Dan-Perkembanagan-Tentang-Internet-Ogi-Nh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan