Pesan Tiket Mudah Murah

Sabtu, 09 Oktober 2010

Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan computer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna computer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan computer itu sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan computer yang keduanya saling memberikan masukkan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Para perancang antarmuka manusia dan computer berharap agar system computer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah terhadap penggunanya (user friendly). Terdapat beberapa pemahaman tentang beberapa bidang ilmu untuk menerapkan hal tersebut yaitu:
- Teknik elektronika dan ilmu computer
Bidang ini memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang system IMK;
- Psikologi
Mampu memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, serta kemampuan motorik pengguna;
- Perancangan grafis dan tipografi
Penggunaan gambar sebagai sarana dialog yang dianggap cukup efektif untuk berinteraksi antara manusia dan computer;
- Ergonomik
Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman seperti bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, dan kebersihan tempat kerja.
- Antropoligi
Ilmu pengetahuan tentang menusia, member suatu pendangan tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya.
- Linguistic
Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tetang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan suatu sarana komunikasi yang berupa bahasa grafis, bahasa alami, behasa menu, bahasa perintah, dll.
- Sosiologi
Yaitu studi tentang pengaruh system manusia-komputer dalam struktur social, missal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.

Terdapat 2 pendekatan dalam Interaksi Manusia dan Komputer, yaitu:
 Machine side ( teknik komputer grafis, sistem operasi, bahasa pemograman, dan bagaimana membangun environment yang relevan)
 Human Side (teori komunikasi, graphic dan industrial design disipline, liguistic, ilmu social, psikologi kognitif, dan human performance are relevant
Point penting dalam IMK adalah:
 Bagaimana menentukan fungsi yang dimiliki sebuah system
 Bagaimana menyajikan kepada user
 Bagaimana membangun sebuah system
 Bagaimana untuk menguji sebuah design
Aspek-aspek dalam IMK:
 Use and context of computers ( U)
 Social Organisation and Work : Dalam kegunaannya bagi manusia sebagai makhluk sosial dalam konteks kerja contoh: untuk mendukung kualitas dan kepuasan kerja;
 Human-Machine Fit and Adaptation
Kesesuain antara manusia dengan mesin yang dibangun bisa dilihat dari;
 Waktu penyesuaian ( saat dibangun atau saat digunakan )
 Apakah mesin atau manusianya yang berubah atau diubah
 Siapa yang membuat perubahan apakah pengguna atau sistemnya
 Human characteristic (H)
 Human Information Processing : karakteristik manusia sebagai pemores informasi. Hal – hal yang penting diketahui atau dipelajari antara lain:
 Model – model arsitektur kognitif
 Teori tentang memori, persepsi, kemampuan motorik, motivasi, dll
 Language, Communication and Interaction : Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain, aspek –aspek yang dipelajari yaitu sintaksis, sematik dan pragmatisme bahasa dan fenomena – fenomena dan bahasa
 Computer system and interface architectur (C)
 Input dan Output Devices : Konstruksi teknis pada peraltan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer
 Dialogue Techniques : Arsitektur software dasar dan teknik – teknik dalam berinteraksi dengan manusia terdiri dari input dan output dialog, cara – cara berinteraksi, dan masalah – masalah dalam dialog
 Dialogue Genre : Gaya / metode yang digunakan, antara lain: penggunaan metafora; metode – metode yang relevan dengan media lain misal : film, grafis; aspek estetika.
 Computer Graphics : konsep – konsep dasar dari tampilan komputer : aspek geometris dalam 2 atau 3 dimensi, transformasi linear, tampilan warna
 Dialogue Architecture : arsitektur software dan standar – standart untuk antar muka dengan user antara lain: model- model referensi dialog pada sistem ( dialogue system reference models ), model – model pencitraan pada layar (screen imaging models), windows manager models, dan multi user interface architecture.
 Development proses ( D)
 Design Approaches : Proses desain dan topik – topik yang relevan dari disiplin ilmu yang lain, antara lain: ilmu tentang desain grafis, proses pengembangan system, teknik analisa kerja serta desain industrial.
 Implementation Techniques and Tools : Cara- cara dan peralatan implementasi antara lain: hubungan anatara desain, evaluasi, dan implementasi; independensi dan reusability, independensi aplikasi, independensi peralatan; teknik prototype; peralatan dialogue; method berorientasi objek; serta pepresentasi data dan algoritma.
 Evaluation Techniques : metode - metode spesifik untuk evaluasi seperti: productivitas dan aspek –aspek yang dievaluasi seperti waktu, error, kemudahan untuk dipelajari, desain, dll.
Bagaimanapun interaksi manusia dan computer pasti akan selalu ada, karena computer itu sendiri merupakan bagian dari ciptaan manusia. Dengan disusunnya bebagai cara interaksi manusia dan computer maka dapat mempermudah manusia dalam mengoperasikan computer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang pengguna perlukan selama pengguna menggunakan computer.

Referensi: http://trihariyono.wordpress.com http://nshafitri-imk.blogspot.com
http://wikipedia.org nimaifa-INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.ppt

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan