Pesan Tiket Mudah Murah

Sabtu, 17 Oktober 2009

Dari HSDPA ke LTE

Kalau anda membeli modem USB, Anda pasti akan mendengar atau melihat istilah HSDPA. Ada tyang disebutkan 7,2Mbps, ada yang 3.6Mbps. apa ya maksudnya ?
Menurut wikipedia, HSDPA (HighSpeed Downlink Packet Access) adalah protokol komunikasi telefoni mobile generasi ke-3 (3G) dalam keluarga HSDPA (high-Speed Packet Access). Protokol ini memungkinkan jaringan UMTS (Universal Mobile Telecomunication System) memiliki kecepatan transfer dan kapasitas data yang lebih tinggi. Saat ini, HSDPA mendukung kecepatan downlink (download) 1,8;3,6; 7,2; dan 14,4 Mbit/sec.

Fasa pertama dari HSDPA ditentukan dalam 3GPP (3rd GEneration Partnership Project) release 5. Fasa ini memperkenalkan fungsi-fungsi dasar baru dan bertujuan mencapai laju data puncak 14,4 Mbit/sec. Salah satu negara yang menerapkan HSDPA adalah Singapura.

Fasa kedua dari HSDPA ditentukan dalam 3GPP release 7 mendatang dan sekarang bernama HSDPA Evolved. Laju datanya bisa mencapai 42 Mbit/sec, dengan bantuan teknologi antenna array seperti beamforming dan MIMO(Multiple-input multiple-output communications). Beam forming memfokuskan daya yang dikirimkan dari sebuah pancaran ke arah pengguna. MIMO menggunakan banyak antenna di sisi pengirim dan penerima data.

Setelah HSDPA Envolved, arah berikutnya adalah E-UTRA (dulu dikenal sebagai "HSOPA"). Ini adalah teknologi yang sedang dikembangkan untuk spesifikasi pada 3GPP release 8. Projek ini dikenal sebagai LTE (Long Term Evolution), yang rilis pertamanya akan menawarkan laju data di atas 320Mbit/s untuk downlink dan di atas 170 Mbit/s untuk uplink.

sumber : INFO KOMPUTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan