Pesan Tiket Mudah Murah

Sabtu, 17 Oktober 2009

Memperpanjang Durasi Batere Notebook

BAYANGKAN Anda dalam perjalanan, dan sedang serius-seriusnya menggarap pekerjaan penting. Eh, tiba-tiba betere notebook habis. Bete kan ? Agar terhindar dari kejadian mengesalkan itu, sebaiknya Anda mengetahui trik memperpanjang durasi batere.

1. Redupkan layar notebook sampai level yang masih nyaman.
Layar adalah komponen notebook yang paling menguras daya tahan batere, jadi tinggi rendahnya tingkat brightness akan mempengaruhi durasi batere secara signifikan.

2. Nonaktifkan perangkat yang tidak perlu.
Ada beberapa port dan komponen yang mungkin jarang Anda gunakan padahal ia mengkonsumsi listrik, seperti Express Card, FireWire, atau DVD writer. Nonaktifkan saja perangkat ini melalui Device Manager. Caranya, klik kanan My Computer>properties>Hardware>Device Manager). Toh jika suatu hari Anda butuh, komponen tersebut bisa Anda aktifkan kembali.

3. Atur Power Option
Semua sistem operasi memiliki menu Power Option yang mengatur perilaku notebook pada kondisi tertentu. Pada windows Vista, menu ini berada di Control Panel>Mobile PC>Change Battery Setting. Di sini Anda bisa memilih performa terbaik (yang berarti boros listrik) atau durasi terpanjang. Anda juga bisa melakukan pengaturan lebih lanjut, seperti mengatur agar monitor dimatikan atau sistem masuk ke fase hibernate jika notebook idle dalam jangka waktu tertentu.

Selamat mencoba. Enjoy your trip.

Sumber: INFO KOMPUTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan