Pesan Tiket Mudah Murah

Senin, 01 Maret 2010

PBB Minta Masyarakat di Kawasan Pasifik Waspada

Sekjen PBB Ban Ki-moon. (Foto: Corbis)

SANTIAGO - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon mengaku terus memonitor perkembangan pascabencana Cile.

Dia juga mengamati dampak tsunami di Pasifik dan meminta masyarakat di kawasan itu waspada. Titik episentrum gempa berada pada lepas Pantai Maule, sekitar 6,4 km sebelah barat Curanipe, Cile dan 115 km utara-timur laut dari kota terbesar kedua di Cile, Concepcion. Gempa terjadi pukul 3.34 waktu lokal selama 10–30 detik.

Gempa yang berpusat 35 km dari Cile terjadi setelah lempeng tektonik Nazca dan Amerika Selatan bertubrukan. Lempeng terluas di permukaan bumi ini terus bergerak dengan kecepatan 80 mm per tahunnya.

Lempeng Nazca yang membentuk Lautan Pasifik itu tertekan di bawah kawasan pesisir Amerika Selatan. Cile yang terletak di wilayah Pantai Andean tergolong negara yang rentan terhadap gempa bumi.

Negara ini pernah diguncang lima gempa bumi dahsyat. Gempa terhebat terjadi pada 1960. Saat itu, gempa berkekuatan 9 SR mengguncang Cile dan menewaskan 1.655 orang. Gempa bumi yang melanda Cile pada 1960 tercatat sebagai yang gempa bumi terdahsyat dalam sejarah dunia.


Sumber : http://international.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan