Pesan Tiket Mudah Murah

Kamis, 18 Februari 2010

Cakram Mungil Simpan Energi Surya untuk Rumah Tangga

(Foto: Times of India)

UTAH - Sebuah cakram atau disk mungil, dapat menjadi solusi bagi cadangan energi surya yang murah dan efisien.

Salah satu perusahaan teknologi yang berpusat di Utah telah menemukan cara baru untuk menyimpan energi alam yang berasal dari matahari. Mereka menciptakan sebuah disk kecil berbahan keramik yang dapat menyimpan cadangan energi matahari yang bisa membantu rumah tangga saat kekurangan energi listrik.

Adalah tim ilmuwan dari Ceramatec yang telah menciptakan cakram penyimpan energi tersebut. Meski ukurannya kecil, cakram ini dapat menampung energi hingga 20 kilowatt. Sangat cukup untuk mensuplai sejumlah porsi besar energi bagi kebutuhan sebuah rumah dalam satu hari.

Cakram yang berfungsi layaknya baterai penyimpan energi ini bekerja dengan dibantu oleh kandungan sodium sulfur di dalamnya. Komposisi sodium sulfur ini bekerja pada suhu diatas 600 derajat fahrenheit.

"Sodium sulfur lebih berenergi dibandingkan lead-acid. Jadi bahan ini dapat sangat bermanfaat bagi suplai energi untuk kebutuhan rumah tangga," kata konsultan energi independen, Ralph Brodd yang dikutip dari Times of India, Rabu (5/8/2009).

Rahasia cara kerja cakram ini, terletak pada membran keramik yang tipis yang diselipkan diantara sodium dan sulfur. Nantinya hanya ada satu ion sodium positif yang bisa melalui keduanya, dan meninggalkan elektron untuk menciptakan arus listrik yang berguna.

Sumber : http://techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan