Pesan Tiket Mudah Murah

Jumat, 19 Februari 2010

Gerakan Mata Bisa Operasikan Ponsel

Seorang peraga mencontohkan gerakan mata ketika mengoperasikan ponsel. (Foto: Telegraph)

BARCELONA - Sebuah perangkat purwarupa hasil kreasi operator ponsel asal Jepang, memungkinkan penggunanya dapat menelepon dan menerima panggilan, bahkan memutar musik di ponsel hanya dengan menggerakkan mata.

NTT DoCoMo, perusahaan yang mengembangkan perangkat ini, terdapat elektroda khusus yang ditempelkan pada seperangkat earphones. Elektroda ini berfungsi untuk menangkap gerakan mata.

"Mata menyimpan potensi arus listrik, yaitu arus positif pada kornea, dan arus negatif pada retina. Perubahan potensi arus listrik ini bergantung pada pergerakan bola mata. Sistem ini bekerja, bahkan meski mata pengguna dalam keadaan tertutup," kata juru bicara NTT DoCoMo , seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (17/2/2010).

Elektroda earphone dapat membaca perubahan arus listrik yang dinamakan electrooculogram ini, dan ponsel yang diciptakan NTT DoCoMo dirancang untuk menerjemahkan informasi tersebut dan mengubahnya ke dalam bentuk perintah. Dengan cara kerja seperti itu, pengguna bisa menelepon atau menerima panggilan hanya dengan menggerakkan mata mereka ke kiri dan kanan.

Begitu pula halnya dengan memutar musik. File musik yang tersimpan dalam ponsel dapat dimainkan atau diberhentikan menggunakan gerakan bola mata. Dalam presentasinya di ajang Mobile World Congress 2010 di Barcelona, juru bicara NTT DoCoMo mempraktekkan cara kerja perangkat ini. Saat bola mata bergerak ke kanan, pemutar musik akan memainkan lagu sebelumnya. Ketika bola mata bergerak ke kanan berulang kali, ponsel akan meloncat ke lagu berikutnya. Sementara itu, volume suara dapat dikeraskan atau dikecilkan dengan menggerakkan bola mata ke atas dan bawah.

Mungkin akan sedikit lucu, aneh atau bahkan mencurigakan, ketika melihat seseorang menggerak-gerakkan bola mata untuk mengoperasikan ponsel mereka. NTT DoCoMo menyebutkan, sistem tersebut hanyalah sebuah contoh, namun cukup memberikan pandangan mengenai kemungkinan ponsel seperti itu dapat digunakan pada beberapa tahun ke depan.

"Di masa depan mungkin saja gadget hanya tinggal dioperasikan dengan gerakan tubuh, termasuk gerakan bola mata," tandas juru bicara tersebut.


Sumber : http://techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan