Pesan Tiket Mudah Murah

Jumat, 19 Februari 2010

Web Browser Butuh Security Lebih Kuat

FIRMA riset International Data Corp (IDC) memperingatkan para pengguna internet agar memilih web browser yang paling aman karena ancaman cyber terus meningkat. Tanpa web browser yang aman, pengguna internet hanya akan menjadi korban para penjahat online.

"Pengguna internet terancam serangan cyber yang lebih kompleks. Karena itu, pengguna internet harus memanfaatkan web browser yang memiliki lebih banyak sistem perlindungan otomatis," ungkap Chief Technology Advisor Asia Pacific Emerging Technologies Practice IDC Patrick Chan. Saat ini pengguna internet memang memiliki banyak pilihan web browser.

Mulai Internet Explorer dari Microsoft Corp, Firefox dari Mozilla, Safari dari Apple Inc, hingga Chrome dari Google Inc. Namun begitu, IDC menilai web browser yang memiliki sistem keamanan lebih kuat pada saat ini adalah Internet Explorer 8 (IE8) dari Microsoft. Microsoft pertama kali merilis IE8 pada 19 Maret 2009. Web browser tersebut diluncurkan untuk meningkatkan kecepatan akses internet.

Microsoft berpendapat, peningkatan kecepatan penjelajahan internet dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah dengan meningkatkan kecepatan browser dalam membuka halaman web. Adapun yang kedua adalah dengan mengurangi jumlah klik dan pengetikan alamat yang harus dilakukan pengguna untuk membuka halaman-halaman web. Cara kedua itulah yang ditawarkan Microsoft melalui IE8.

Microsoft melakukannya dengan menanam tiga fitur yang meningkatkan efisiensi interaksi manusia dengan IE8. Fitur-fitur tersebut adalah Accelerators, Web Slices, dan Instant Search Box. Accelerators dibangun untuk memungkinkan pengguna IE8 mengakses layanan-layanan web seperti blogging, berkirim e-mail, dan bahkan penerjemahan bahasa, dari halaman web yang sedang dibuka. Alias tidak perlu membuka halaman baru untuk mengakses layanan-layanan web tersebut.

Contohnya, ketika pengguna IE8 menemukan informasi menarik dari sebuah halaman web dan ingin berbagi informasi itu dengan orang lain melalui e-mail, maka pengguna IE8 cukup mengklik kanan informasi tersebut dan memilih layanan e-mail yang digunakan. Selanjutnya, Accelerators membuka halaman compose dari layanan e-mail pengguna IE8.Pada halaman compose itu, IE8 otomatis memberikan judul e-mail sesuai judul halaman yang diinformasikan.

Pada body halaman e-mail itu pun IE8 otomatis mengisikan alamat situs tempat informasi itu. Dengan begitu, pengguna IE8 hanya perlu mengetikkan alamat e-mail dari orang yang dituju. Secara tradisional, prosesnya tentu tidak sesederhana itu. Sebab, pengguna browser harus membuka halaman web layanan e-mail yang digunakannya, mengklik menu compose, melakukan copy-paste informasi yang hendak di-email, mengetikkan judul, dan mengetikkan alamat e-mail orang yang dituju.

Fitur kedua yang ditanam Microsoft pada IE8 untuk meningkatkan kecepatan manusia dalam memperoleh informasi dari web adalah Web Slices. Teknologi ini mirip dengan teknologi RSS. Tapi, Web Slices mampu memberikan tampilan visual lebih kaya, tidak hanya teks. Pada IE8, Web Slices tampil di Favorites bar. Ketika ada informasi baru dari situs langganan, Web Slices berubah huruf menjadi bold (tebal).

Selanjutnya, pengguna IE8 bisa mengklik Web Slices tersebut dan melihat informasi terbaru tanpa harus meninggalkan halaman web yang sudah lebih dulu dibuka. Adapun fitur ketiga adalah Instant Search Box. Dari namanya, jelas bahwa ini adalah fitur pencarian. Namun, Instant Search Box tidak seperti fitur pencarian yang sudah ada pada browser-browser lain, yang hanya menampilkan hasil pencarian dalam bentuk teks. Sebab pada IE8, Instant Search Box mampu menampilkan hasil pencarian dalam bentuk teks dan gambar.

Dengan begitu, pengguna tentu tidak perlu membuka halaman atau tab baru untuk melihat hasil pencarian. Sebab, hasil pencarian dapat dilihat dari menu drop-down pada Instant Search Box yang terletak di sisi pojok kanan atas IE8. Microsoft menegaskan, IE8 tidak hanya dirancang untuk meningkatkan kecepatan pengguna dalam mencari, mendapatkan, dan berbagi informasi melalui web. Namun, IE8 juga dirancang untuk meningkatkan keamanan pengguna dalam menjelajahi internet.

Salah satu fitur IE8 yang dirancang untuk meningkatkan keamanan adalah Smart Address Bar. Sekilas, address bar IE8 tampak tidak jauh berbeda daripada address bar milik browser lain. Namun, address bar IE8 ternyata mampu menebalkan (bold) nama utama (root) situs yang dibuka pengguna. Dengan penebalan nama situs itu, pengguna diharapkan terhindar dari jebakan situs jahat yang memanfaatkan kelalaian pengguna dalam mengetikkan alamat.

Lebih dari itu, IE8 juga mampu memperingatkan pengguna dengan SmartScreen Filter apabila pengguna hendak membuka situs-situs yang berisiko. Secara tradisional, browser langsung membuka halaman apa pun yang dituju pengguna. Tapi pada IE8, SmartScreen Filter lebih dulu menampilkan halaman peringatan berwarna merah apabila pengguna hendak menuju halaman web yang berisiko.

Apabila pengguna melakukan penjelajahan internet di komputer publik, misalnya di warung internet, maka pengguna IE8 bisa mengaktifkan fitur InPrivate Browsing. Ketika fitur itu aktif, IE8 tidak merekam file-file internet sementara yang dibuka pengguna. Dengan begitu, aktivitas pengguna di komputer warung internet itu tidak dapat diketahui pengunjung warung internet berikutnya, yang menggunakan komputer yang sama. Perbaikan lain yang ditawarkan Microsoft dengan IE8 adalah stabilitas.

Pada IE8, masing-masing tab yang dibuka pengguna bekerja secara mandiri. Ini bisa dilihat dari menu Process dalam Task Manager pada sistem operasi Windows. Karena masing-masing tab IE8 adalah proses yang bekerja secara mandiri, maka ketika salah satu tab mengalami crash, tab-tab yang lain tidak ikut crash. Tab-tab yang dibuka pada IE8 juga dapat dikelompokkan sesuai kategori secara berurutan sehingga pengguna tidak kesulitan untuk mencari.

Ketika ada tab yang tanpa sengaja tertutup, pengguna pun bisa membuka kembali tab-tab itu dengan mengklik fitur 'Reopen Closed Tabs' tanpa perlu membuka tab kosong baru dan mengetikkan alamat yang dituju.

Firma riset Net Applications mengungkapkan, IE digunakan oleh 67,4 persen pengguna internet di dunia. Posisi kedua ditempati Mozilla Firefox dengan pangsa pasar 22,0 persen. Ketiga adalah Apple Safari dengan 8,0 persen. Adapun keempat adalah Google Chrome dengan pangsa pasar 1,2 pesen.


Sumber : http://techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan