Pesan Tiket Mudah Murah

Kamis, 18 Februari 2010

Kafein Perlambat Pertumbuhan Kanker Otak



(Foto: Ist)

SEOUL - Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dan teh hijau diyakini dapat memperlambat pertumbuhan tumor kanker otak secara efektif. Demikian hasil penelitian dari para ilmuwan dari Korea Institute of Science and Technology (KIST), Korea Selatan.

Riset yang dipimpin oleh Lee Chang-Joon dan dilakukan pada hewan ini menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein secara teratur dapat menekan pertumbuhan inositol trisphosphate reseptor (IP3R) yang berkaitan erat dengan glioblastoma, yaitu jenis tumor otak yang paling umum dan paling agresif yang ditemukan pada manusia.

Lee mewakili timnya menyebutkan, kalsium memiliki penting dalam menyebarkan sel tumor glioblastoma pada manusia, dan IP3R secara langsung berkontribusi terhadap jumlah kalsium yang dilepaskan.

Lee juga menambahkan bahwa dia dan timnya menemukan sub jenis IP3R, yaitu IP3R3 yang sangat aktif pada pasien kanker otak. Kafein terbukti dapat menghalangi penyebaran senyawa tersebut, sehingga pertumbuhan tumor otak dan menghambat sel-sel kanker agar tidak begain tubuh lainnya.

"Ini adalah penemuan pertama yang menunjukkan kafein memiliki efek menghambat pertumbuhan glioblastoma. Kami berharap temuan ini akan berdampak besar," kata Lee seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (2/2/2010).

Jumlah kafein yang di ujicobakan terhadap hewan berkisar antara dua sampai lima cangkir kopi atau teh hijau yang biasa dikonsumsi rata-rata oleh manusia per hari.

Lee menyebutkan, sangat sulit mengobati glioblastoma. Pasalnya, sel-sel tumor sangat resistan terhadap terapi konvensional obat-obatan anti-kanker. Umumnya, banyak pasien meninggal dalam waktu satu tahun.


Sumber : http://techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan