Pesan Tiket Mudah Murah

Kamis, 11 Februari 2010

Tips Burning CD/DVD


Burn CD/DVD bisa dianggap gampang gampang susah,akan tetapi untuk proses burn ada point point yang harus kita perhatikan agar hasil burn sempurna.barikut ini ada beberapa tips yang saya dapatkan dari sharing dan pengalaman pribadi saya sendiri,yang diantaranya :

Pilih Kepingan CD/DVD Yang Berkualitas
Perhatikan kualitas kepingan disc blank yang temen temen beli, karena biasanya kepingan disc yang tidak bermerk terkadang memiliki lapisan pelindung yang tipis dan mudah terkelupas, akibatnya hasil burning tidak dapat terbaca. Kepingan disc yang tidak bermerk biasanya terlalu tipis atau ketebalanya tidak rata, sehingga saat diburning nanti putaran disc tidak stabil dan akhirnya gagal atau tidak terbaca oleh player. Jadi usahakan membeli disc berkualitas dan bermerk selain itu, selisih harga antara disc yang bermerk dengan yang tidak bermerk tidak terlampau jauh. Lebih baik lagi anda membeli yang berkemasan box. Disc yang berkualitas biasanya memiliki ketebalan yang cukup dan merata, sehingga saat diburn nanti, putaran disc stabil dan mengurangi resiko kegagalan burning. Selain itu, sebelum Temen temen melakukan burning, ada baiknya memeriksa kepingan disc yang akan digunakan, apakah ada cacat, goresan, retakan yang menyebabkan kegagalan proses burning di tengah jalan.

Bersihkan Kepingan CD/DVD dan Drive DVD/CD-RW
Sebelum melakukan burning, Sebaiknya disc dibersihkan terlebih dahulu. Membersihkan media disc dapat dilakukan dengan menggunakan CD/DVD cleaner yang banyak dijumpai di toko-toko elektronik dan komputer. Usahakan tidak ada debu yang menempel pada kepingan disc, karena debu dapat mempengaruhi daya jankau mata laser. Temen temen juga bisa membersihkan kepingan disc dengan lotion dan lap/kapas.

Cara membersihkanya semprotkan secukupnya cleaner CD/DVD dengan jarak sekitar 15 cm dari permukan disc teresebut,lalu lap secara merata dan ikuti permukaan CD/DVD Seperti putaran obat nyamuk.

Pemilihan Software dan Hardware
Untuk pemilihan hardware, sebaiknya pilih hardware yang memberikan garansi yang bagus serta support yang terpercaya. Tanya teman atau siapa saja yang mengerti hardware untuk pertimbangan. Selain itu, didalam hardware CD/DVD-RW terdapat sebuah perangkat lunak yang sering disebut firmware. Agar hardware yang temen temen miliki dapat bekerja dengan optimal, sebaiknya lakukan update firmware. Untuk pemilihan software, utamakan yang pengoperasianya mudah.

Saat Burning CD/DVD Perhatikan…
Sebaiknya jika saat melakukan burning CD/DVD, jangan menjalankan aplikasi berat secara bersamaan dengan proses burning. Hal ini berpotensi terjadi kesalahan saat burning atau bahkan hasil burning tidak sempurna.

Saat sebelum melakukan burning, sebaiknya kita memilih kecepatan burning dibawah dari kecepatan maksimal yang didukung oleh hardware.

Untuk burning DVD, gunakan speed yang sewajarnya. Jangan 1x speed, dan juga jangan menggunakan 16x speed. Paling aman dan nyaman (supaya komputer tetap responding), gunakan burn speed 4x sampai 8x

Untuk burning CD sebaiknya menggunakan speed 12x
karena kalo kecepatan head unit player bisa cepat jebol karena berputar melebihi kecepatan standar nya

Hal Ini berguna untuk mengurangi tingkat kegagalan.Membakar dengan kecepatan rendah memang agak lama, tetapi lebih aman. Dan yang terakhir, hati-hati dalam melabeli disc dengan sticker kerna jika kurang pas, maka mempengaruhi keseimbangan disc saat berputar yang akhirnya mempengaruhi pembacaan file di disc tersebut.

Sumber : http://teknologi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan