Pesan Tiket Mudah Murah

Jumat, 19 Februari 2010

Lancar Berkomunikasi dengan Ponsel Penerjemah

(Foto: Daily Mail)

CALIFORNIA - Perbedaan bahasa sering menjadi hambatan dalam berkomunikasi. Namun dengan kehadiran ponsel penerjemah bahasa, nampaknya hal itu tidak akan berlaku lagi.

Ponsel unik ini merupakan inovasi dari perusahaan internet Google dan tengah dikembangkan setelah sebelumnya merilis ponsel G1 dan Nexus One. Perusahaan yang berpusat di Mountain View, California tersebut memberikan bocoran, software dalam ponsel tersebut bisa mengubah pembicaraan dalam bahasa asing ke bahasa yang dimengerti pengguna secara langsung.

Kepala layanan penerjemahan Google Franz Och menyebutkan, saat ini penerjemahan secara langsung dalam percakapan sangat diperlukan.

"Alat seperti itu harus bisa memenuhi fungsinya dengan baik. Untuk itu, kita memerlukan kombinasi mesin penerjemah yang sangat akurat dengan sistem pengenalan suara denga akurasi tingkat tinggi. Inilah yang saat ini tengah kami kembangkan," kata Och seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (8/2/2010).

Diakui Google, bahasa ujaran akan lebih sulit diterjemahkan ketimbang bahasa tertulis. Oleh karenanya, Google juga mencoba menganalisa gaya berbicara para konsumennya dan mengadaptasinya ke perangkat mereka.

"Setiap orang memiliki suara, aksen dan nada berbicara yang berbeda," kata Och.

Google berharap, handset ini nantinya bisa sangat membantu jutaan orang di seluruh dunia agar bisa berkomunikasi dengan baik.


Sumber : http://techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan