Pesan Tiket Mudah Murah

Senin, 08 Februari 2010

Cara Alternatif Bebaskan Air Minum dari Kuman

Kran air

Air minum untuk kebutuhan minum sehari-hari selama ini lebih banyak diproses dengan cara merebus atau membeli dalam kemasan galon. Selain membeli atau merebus sebetulnya ada cara lain untuk mendapatkan air bersih yang layak untuk diminum.

Pertama, menjemur air di panas matahari. Caranya yaitu dengan menampung air bersih yang tidak berwarna dan tidak berbau dalam wadah yang aman untuk makanan dan minuman. Lalu, jemur selama 12 jam saat sinar matahari terik. Menjemur air di panas matahari ini bisa menghilangkan kuman dan bakteri tanpa merebusnya.

Kedua, menggunakan keramik filter. Alat untuk menjernihkan air berupa keramik yang biasanya memiliki diameter sekitar 30 cm dan tinggi 30 cm. Keramik filter ini banyak dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Keramik untuk menyaring air dari kuman ini memiliki masa pakai antara 1,5 hingga 2 tahun. Masa pakai ini disebabkan karena ada kemungkinan keramik pecah atau pori-pori yang ada tersumbat kotoran.

Ketiga, menggunakan klorin cair. Penggunaan klorin ini cukup sederhana. Anda bisa mendapatkannya di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp 5000 untuk ukuran 100 ml dan bisa membersihkan air sebanyak 33 galon atau 660 liter.

Cukup dengan menampung air bersih sebanyak setengah galon, tuangkan klorin, kocok, lalu tambahkan air hingga galon penuh dan diamkan selama 30 menit. Air pun siap dan aman untuk diminum. Selain menggunakan klorin cair ada juga klorin yang berbentuk tablet. Kekurangan penggunaan klorin ini adalah air menjadi sedikit berbau klorin. Tetapi hal ini bisa diatasi.

“Jika belum terbiasa dengan bau klorin, diamkan dulu air selama semalaman. Keesokannya klorin pun sudah menguap dan air menjadi tidak berbau,” kata Abigael Ati, Research and Evaluation dari Aman Tirta, saat ditemui di Hotel Manhattan, Jakarta, 1 Februari 2010.

Jadi, selain merebus, sebenarnya banyak cara untuk menyingkirkan kuman dan bakteri dari air. Aman dan patut Anda coba di rumah.

Sumber : http://id.news.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

GO GO GO!

Ohchan

Ohchan